Selasa, 15 Januari 2008

ReactOS: Linux apa Windows sih?

REACTOS?

Kemarin saya sempat download ReactOS yang terbaru versi 3.3. dan
langsung saya burn.

Sebelum pulang kerja, saya iseng2 mencobanya dan ternyata saya cukup
terkejut (mungkin sebelumnya di reactos.org tidak pernah saya temukan
screen shootnya)

Kenapa?
kejutan pertama saat download, karena ternyata hanya sebesar 23MB
(zip) atau 82MB original size. Tapi saya jadi meragukannya (mungkin
seperti DSL yang hanya khusus untuk warnet doank)

Kejutan Kedua, sebelumnya OS ini tidak mau jalan di laptop saya.
akhirnya saya coba menggunakan PC Desktop kawan, dan saya cukup kaget
karena laodingnya sangat cepat (mungkin 20-30 detik saja untuk live
CD). Woww... DSL perlu di instalasi jika ingin secepat ini.

Kejutan ketiga tentu saja - yang sayangnya tidak munkin diambil screen
shootnya saat ini - adalah mulai dari tampilan, control panel, task
manager, msconfig, registry editor dll sama persis dan senyaman
Windows (kebetulan masih seperti windows 2000). Sayang tidak semua
bisa diakses karena live CD mempunyai feature sangat terbatas.

Akhirnya saya baca2 informasinya. Gila bro, bisa install Ms. Office,
Adobe Photoshop, Winrar dan beberapa program windows yang lain loh.

Tertarik? ReactOS di release dengan lisensi GPL loh, ayo buruan
download atau hubungi saya atau kawan mailist yang berdekatan.

link bahasa indonesia: http://www.reactos.org/id/index.html (ganti id
dengan en yang suka english language)

Thanks before.

The Saturnus

Tidak ada komentar: