Minggu, 13 Januari 2008

Knoppix or DSL, yang pas buat memulai

Dear Linux Mania,
Saya kemarin berkeliling sebentar di batam dan bertemu ramai orang di jalan. Saya coba tanyakan tentang linux dalam berbagai pertanyaan. Ternyata banyak dari kawan2 kita yang masih awam dengan linux.

Tentunya pertanyaan paling hot adalah, gimana saya mulai belajar dengan linux? Saya bukan seorang guru sih, tapi saran saya, langsung di coba aja. Pertama bisa pakai Knoppix atau DSL (DamnSmall Linux).

Knoppix? ya. berbasis KDE (salah satu jenis penampilan linux) yang biasanya digunakan hanya melalui CDROM. kebanyakan linux sekarang sudah bisa hanya running di CD loh, tapi sepertinya DSL yang pailng ringan (mengingat isinya yang minim) kemudian di susul dengan knoppix. Wah? ya.. artinya kalo hardisk anda rusak, linux masih bisa tetap di pakai karena hanya memerlukan CDROM dan tidak perlu di install (kecuali memang sudah sreg). Knoppix terbaru sudah di dukung GIMP 2 dan OpenOffice.Org versi 2.3. APa itu? GIMP semacam Adobe Photoshop sendangkan OpenOFfice.Org semacam (persis sekali dengan) Ms. Office.

DSL? ya. DSL adalah jenis linux ringan yang biasanya khusus untuk membangun warnet. karena paketnya hanya berisi browser dan beberapa modul ringan lainnya.

Nah, penasaran kan?
Hubungi aja personal di bawah ini:
1. Khalifats@gmail.com
2. Bapak Yulian Nugroho PT Casio Mk. Kuning email: yulianlcm@casio.co.id
3. Rahmad Fajar Budiman email : rahmadfbudiman@casio.co.id

triiiims banget deh.

Tidak ada komentar: